Kamis, 22 Maret 2012

TAPAKTUAN KOTA NAGA



Tapaktuan atau sering disebut dengan Kota Naga merupakan kota kecil yang menjadi ibu kota Kabupaten Aceh Selatan, berdasarkan google maps Tapaktuan berhadapan langsung dengan Selat Mentawai dan berdekatan dengan Pulau Simeulu (dikenal dengan nama Sinabang), Tapaktuan sendiri terkenal dengan legenda Tuan Tapa dan Naga, yang kemudian hari menjadi ikon Tapaktuan. Ini berdasarkan sebutan untuk kota Tapaktuan yaitu Kota Naga dan juga bisa dilihat dari tiga patung naga yang menghiasi beberapa sudut Kota Tapaktuan yang salah satunya berada di kolam samping pendopo bupati. Mayoritas penduduk Tapaktuan sendiri lebih banyak yang menjadi pegawai pemerintahan dan selebih nya menjadi pedagang, nelayan dan petani.

Secara geografis kota Tapaktuan berada di pinggir laut dan dikelilingi oleh gunung, ini juga yang menyebabkan kota tapaktuan tidak bisa mengembangkan kotanya lebih luas lagi, Aceh Selatan sebagai kabupaten dari kecamatan Tapaktuan di arah timur berbatasan langsung dengan Aceh Singkil, dan ini membuat Tapaktuan lebih dekat ke arah Medan dengan waktu perjalanan Tapaktuan-Medan memakan waktu 8 jam. sedangkan sebelah barat berbatasan dengan kabupaten Aceh Barat daya, dan membuat perjalan ke ibu kota provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (Pemerintahan Aceh) menjadi lebih lama, dengan menghabiskan waktu 12 jam perjalanan Tapaktuan-Banda Aceh, karena harus melintasi kabupaten Nagan Raya, kabupaten Aceh Barat dan kabupaten Aceh Jaya. Dengan catatan waktu tempuh ini sangat tergantung dari kemampuan sopir dan mobil yang digunakan.

Dalam keseharian masyarakat tapaktuan lebih banyak berbahasa jamu yang sebenarnya bahasa ini lebih mirip dengan bahasa Padang, yang kata orang Padang sendiri mirip dengan bahasa padang Pariaman. Yang menurut ceritanya bahasa ini memang berasal dari bahasa Padang dan mempengaruhi masyarakat disana yang dulunya mayoritas Melayu, tapi ini masih menurut dugaan dan cerita dari mulut ke mulut, untuk kepastian sejarah yang lebih pasti, saya belum menemukan sumbernya.

objek wisata Tapaktuan meliputi sungai baik yang alami ataupun yang sudah dikelola oleh masyarakat menjadi tempat pemandian dan rekreasi seperti tingkat tujuh (air terjun yang mempunyai tujuh tingkatan), yang kedua wisata legenda : seperti kuburan tapak yang panjang nya 10 meter, bekas tapak yang tercetak di atas batu karang yang berada di pinggiran laut dan tempat-tempat yang berhubungan dengan cerita tuan tapak dan naga, juga Wisata laut yang menyajikan pasir putih dan pemandangan sunset dan sunrise serta keramahan penduduknya juga menjadi daya tarik tersendiri kota kecil ini.
sumber :http://wisata.kompasiana.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar